LCD Projector

Ketika pertama kali menggunakan Kubuntu untuk melakukan presentasi, saya mengalami sedikit kesusahan ketika harus melakukan sinkronisasi dengan LCD Projector. Yang saya maksud di sini adalah ketika saya menginginkan agar tampilan di layar LCD saya dan di LCD projector muncul dua-duanya (mirroring/clone) yang tampak di keluaran projector sama sekali tidak sempurna. Huruf dan gambar yang ditampilkan tampak bergoyang-goyang ke kiri dan kekanan, sama sekali susah untuk dibaca. Hal ini tidak muncul ketika saya hanya memunculkan tampilan melalui LCD Projector saja. Sampai dengan kemarin ketika saya melakukan presentasi ke klien saya masih menggunakan cara ini, well … jujur saja saya agak malu dengan kondisi ini, seakan-akan membuat linux kok tidak ada apa-apanya begitu hehehe …

Sampai hari ini, ketika saya menemukan jawabannya di halaman http://www.thinkwiki.org/wiki/Intel_Extreme_Graphics_2 saya kemudian mencoba memodifikasi /etc/X11/xorg.conf saya dengan menambahkan sedikit opsi lagi pada bagian Device, sehingga lengkapnya menjadi seperti berikut:

Section “Device”

Identifier “Intel Corporation Intel Default Card”
Driver “i810”
BusID “PCI:0:2:0”
Option “VBERestore” “true”
Option “Clone” “true”
Option “MonitorLayout” “CRT,LFP”
Option “DevicePresence” “yes”

EndSection

Okay, sedikit penjelasan … Untuk Option VBERestore tidak ada hubungannya dengan masalah projector ini. Opsi ini saya pakai ketika saya hendak mengaktifkan fitur Suspend melalui KDE. Berikutnya untuk opsi Clone, MonitorLayout, dan DevicePresence inilah yang berhubungan dengan penggunaan projector tersebut. So … bagi anda-anda yang bermasalah dengan LCD Projector, dan kebetulan memiliki graphic card dari keluarga Intel i8xx dan i9xx, silahkan dicoba resep saya ini …

For now, that’s all folks … enjoy your day

*also written in alvonsius.blogsome.com*

4 thoughts on “LCD Projector

  1. Kok pake Bahasa instead of english?

    *OOT*

  2. rakernasbapomi08

    Saya pakai Intel GM965/GL960 punya saran?. Tips dari Anda sudah saya coba, tapi belum berhasil. Please ….

  3. @ rakernasbapomi08
    wah saya kurang tahu mas kalau untuk i965. Apakah anda menggunakan Ubuntu Hardy Heron (8.04)?

  4. toolooong…. infocus saya waktu mau dinyalain yang muncul koq malah gambar semut item banyak bener lagi pada arisan, kenapa yaahh… please guys help me saya gak tau harus berbuat apa….

Leave a Reply

